Monday, December 3, 2012

Ilmu Sosial Dasar di Tekhnik Mesin


Tujuan di berikannya Ilmu Sosial Dasar
Di Tekhnik Mesin

Universitas Gunadarma


Latar Belakang

Mata kuliah Ilmu social dasar merupakan mata kuliah analisis, riset, ataupun kisah dan fakta atas aneka fenomena yang terjadi pada pembelajaran dan kehidupan sehari-hari, yang terjadi dalam ruang lingkup kekeluargaan, pertemanan, maupun hubungan masyarakat setempat. Dan dapat kita ambil dari pembelajaran tentang kajian dasar filsafat keilmuan yang telah lama lahir sejak terlahirnya kehidupan pada jaman tradisional maupun pada jaman modern seperti pada saat ini yang kita lihat. Manusia sebagai makhluk sosiaal pasti tidak akan pernah putus dengan bantuan ataupun berupa pertolongan orang lain, maka itulah kehidupan yang dinamakan manusia sebagai makhluk social. Karna setiap manusia pasti saling membutuhkan satu sama lainnya.

Sezak jaman prasejarah hingga sampai detik ini, manusia selalu disibukkan dengan kehidupan yang selalu berkelompok. Dalam perlindungan itulah manusia menciptakan suatu riset tentang cara pembuatan mesin dengan cara pengoprasian mesin tersebut menggunakan bahan bakar, maka terciptalah suatu produk dimana produk itu dapat terlaksana dengan baik hingga sampai saat ini suatu penghasilan mesin tersebut dapat dipakai dengan sempurna. Dari suatu terciptanya mesin yang dapat dioperasikan pada segelintir ilmuan dapat di kembangkan dan di pakai oleh sejuta manusia maka hal itu dapat di katagorikan bahwa manusia saling hidup berkelompok dan saling membutuhkan satu sama lain dalam ilmu bidang keahlian, terutama pada bidang mesin.

Ilmu pengetahuan tidak hanya dapat dipahami dalam artian sebuah hukum atau teori ilmiah, melainkan sebagai hasil statis dari suatu kegiatan yang paling dasar sampai yang paling utama. Pada tataran selanjutnya pemahaman itu dapat menggerakkan suatu kemampuan dan tolak ukur bagi manusia yag berfikir secara normal dalam persaingan. Dan pada akhirnya dari persaingan-persaingan itulah manusia yang berbasis mahasiswa tidak bisa menerima teori dan hukum yang di dapat dengan mudah, melainkan suatu cara pembelajaran yang sangat efektif untuk pesaing-pesaing dalam dunia pekerjaan khususnya dalam bidang mesin perindustrian.


Tujuan belajar ilmu social dasar

1.     Mahasiswa/mahasiswi dapat memutar pikiran dalam kesiapan untuk menekuni arti dan makna pembelajaraan dalam dunia perkuliahan untuk ke jenjang perkerjaan.

2.     Mahasiswa/mahasiswi dapat mengerti dan memahami persaingan-persaingan antar global di dalam dunia pembelajaran maupun pekerjaan yang nanti pada akhirnya menjadi suatu bagian dari kekeluargaan yang hidup di dalam masyarakat.


3.     Mahasiswa/mahasiswi dapat meneladani suatu konsep yang berguna untuk di dunia kemasyarakatan dan dunia bekerja.

4.     Mahasiswa/mahasiswi dapat menyusun suatu hubungan yang harmonis dan saling membantu di dalam kekeluargaan maupun di dalam kehidupan kemasyarakatan.





Permasalahan sosial

Setiap manusia mempunyai kehidupan yang berbeda dan suatu permasalahan yang berbeda pula, karna ruang lingkupnya kehidupan manusia pasti memiliki arti dan tujuan yang berbeda pula. Masalah yang di hadapi tidak sama, disebabkan karena perbedaan tingkat perkembangan kebudayaan masyarakat dan keadaan lingkungan alam maupun tingkat suatu kebutuhan.

1.     Menurut masyarakat, segala suatu masalah yang terjadi pada lingkungan masyarakat dimanapun keberadaan kita adalah masalah social.

2.     Menurut masyarakat, kesalahan yang terjadi pada rakyatnya adalah kesalahan pemerintahan yang kurang memahami arti social yang telah berkembang di jaman modern.

3.     Menurut para ahli, sesuatu kondisi yang tidak terwujud untuk masyarakatnya maka akan menimbulkan kekacauwan.

4.     Menurut para ahli, sesuatu yang dapat meremehkan suara para rakyatnya dapat menghancurkan kestabilan dunia.


Dari hasil kesimpulan yang saya dapat adalah, ilmu social dasar sangat berguna dan harus di kembangkan di dalam dunia perkuliahan, khususnya mahasiswa dan mahasiswi. Karna dengan adanya pembelajaran ini dapat menopang segudang pengalaman dan trik-trik sebuah perumusan di dalam kalangan masyarakat luas. Yang mana pada akhirnya ilmu ini dapat berkembang di dalam dunia pekerjaan yang mana hal hasil ilmu metode ini dapat memaparkan bahwa manusia dapat berkerja dengan baik di dalam suatu golongan, dan dapat memecahkan suatu ide yang sangat matang dalam perindustrian mesin di kalangan bumi pertiwi. Dan hasil ini di dapat sama saja menggunakan metode ilmiah pembelajaran ilmu social dasar, karna pada hakekatnya manusia tidak bisa hidup tanpa adanya kehidupan yang berupa norma dan ilmu social.


NAMA : RIAN RINALDI
KELAS: 1IC01
NPM    : 26412257

No comments:

Post a Comment